Cara Membuat Form dengan Macromedia Dreamweaver 8

Heyy … !! jumpa lagi sobbb. Semoga kalian selalu di beri kesehatan,  lansung aja sob  ane akan Shere tutorial membuat Form Biodata dengan  Macromedia Dreamweaver 8, Form adalah bentuk pengaplikasian untuk mengisi data user pada halaman web yang kemudian data tersebut diolah menurut kepentingan. Okk


Nih sob gambar yang akan ane buat  Form Biodata   





  1. Buka Macromadia Dreamweaver 8 jika sobat belum punya download HERE
  2. Buat judul form yang akan sobat buat yaitu FORM BIODATA “
  3. Sebagai langkah awal pembuatan form  Klik tool Form di bawah judul pilih Form insert bar,  akan tampak garis kotak mwarna merah pada halaman.  Kemudian lakukan pembuatan field-field dalam kawasan form                                                                                                                                    
  4. Buat field Nama, klik TextField  pada dialog Label dan isikan Label dengan “ Nama : “ kemudian Ok. Kemudian pada toolbox  Property Inspector,  “ nama “ dan pada Char Width isikan 40.            
     
  5. Ganti baris dengan menekan Shift+Enter  2x biara ada renggangan, untuk langkah selanjutnya untuk ganti baris caranya sama.
  6. Buat filed Tanggal Lahir yang terdiri dari Tanggal, Bulan, Tahun, dengan klik List/menu  isi dengan lebel Tgl, Bln, Thn, dan berikan List Values masing-masing, untuk Tanggal 1-31, untuk Bulan 1-12, dan untuk Tahun 1970/2000,  buat dulu Tempat lahir denagn  TextField  seperti di point 4 untuk membual lebel Tgl, Bln, Thn lihat gambar di bawah.                                                                           

                                                                               
  7. Kemudian buat Jenis Kelamin, menggunakan  Radio Group.  Kita ketik dulu “ Jenis Kelamin” || pilih Radio Button pada Jendela dialog label. || isikan lebel value dengan “Pria” dan “Wanita untuk mengakhiri OK.                                                                                                                                
                                                                                                                                                            
  8. Untuk membuat Field Golongan Dara gunkan List/Menu. Caranya sama dengan membuat Tgl, Bln, Thn. Kemudian berikan list values-nya yaitu A, B, AB dan O.
  9. Buat field agama menggunakan List/Menu. Caranya sama dengan langkah ke 8. Kemudian berikan list values-nya yaitu, Islam, Kristen, katolik, Hindu dan Budha.
  10. Kemudian buat Jenis Kelamin, menggunakan  Checkbox.  Kita ketik dulu “ Hobi” || pilih Chexkbox,  pada Jendela dialog label. || isikan lebel value dengan “Komputer” “Musik” “Games” dan “Traveling  untuk mengakhiri OK. Caranya sama dengan langkah ke 7.  
  11. Buat field Keterangan Gunakan Textarea dan berikan nama “Keterangan”  pada nam Lebel. Atur Char width, Num Lines maupun Wrap –nya. Pada propert. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  12. Terakhir buatlah Button. Masing-masing Submit dan Reset. Pada button submit, berikan tipe Submit pada properti  || Value caranya sama untuk membuat ButtonReset.                                                    
  13. Simpan file-nya kemudian jalankan pada browser dengan (F12). Atau klik gambar Bumi ||  Preview in Chrom.



Semoga bermanfaat tutorial yang ane buat sob … !!1
Wassalam … !!!^_^
Jangan lupa like atau coment yah kalu tidak keberatan sob … !! ^_^

Cara Membuat Form dengan Macromedia Dreamweaver 8 Title : Cara Membuat Form dengan Macromedia Dreamweaver 8
Description : Heyy … !! jumpa lagi sobbb. Semoga kalian selalu di beri kesehatan,   lansung aja sob   ane akan Shere tutorial membuat Form Biodata dengan...
Rating : 4.5 stars based on 153 reviews
Ditulis oleh: aziz husen - Sunday 6 October 2013

2 komentar untuk " Cara Membuat Form dengan Macromedia Dreamweaver 8 "

  1. Gambar kurang besar om,.. gk kelihatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah klik pada gambar,a belum gan, menurut ane sih jelas ko. !

      Delete